Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK Dalam Pembuatan Media Pembelajaran

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK

Ini menjadi pertanyaan kita semua guru ?!! , apabila fungsi guru hanya sebatas transfer ilmu kepada siswa atau hanya sekedar mengajar saja di dalam kelas, maka perannya akan tergantikan oleh teknologi di era revolusi industri 4.0 ini. Teknologi terus berubah, menjadi lebih cepat atau lebih murah namun saat ini masih banyak guru yang resisten terhadap perkembangan teknologi sekalipun dunia pendidikan telah bertransformasi. Padahal saat ini justru dibutuhkan guru-guru terbaik yang memahami dinamika kelas dan memanfaatkan teknologi guna mengedukasi siswa. Teknologi akan membuat guru lebih percaya diri dan lebih mudah dalam mengajar siswanya sehingga mampu mengubah ruang kelas menjadi ruang belajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.  Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan peran guru di era pendidikan 4.0. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persoalan pendidikan di Indonesia saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan dibandingkan dengan negara lain, (2) Pendidikan 4.0 merupakan jawaban dari era revolusi industry 4.0 di dunia pendidikan, (3) Peran guru tak tergantikan di era revolusi Industri 4.0

Guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi salah satunya dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Oleh karenanya, perlu diadakan suatu kegiatan atau pelatihan untuk menambah pengetahuan atau wawasan dan keterampilan guru tentang TIK. Pelatihan yang diberikan diharapkan dapat diaplikasikan guru dalam penggunaan media teknologi informasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Berdasarkan kondisi yang terjadi sekarang terdapat beberapa masalah yang akan diatasi pada kegiatan ini, antara lain pemanfaatan penggunaan Komputer maupun smartphone oleh guru dan peserta didik masih sebatas pada alat komunikasi dan hiburan, padahal dapat dioptimalkan penggunaannya sebagai media pembelajaran berbasis android. Tujuan dari kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di LPK Ari Rahma Komputer ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagodik guru dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang interaktif. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, demonstrasi dan praktik.

Pelatihan ini semoga dapat membuat inspirasi bagi guru-guru yang memang belum mampu menguasai Teknologi dalam menghadapi tantangan perubahan revolusi industri 4.0.

Di New Normal, Sumber Daya Manusia  harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

EMPAT tantangan yang harus dipersiapkan untuk sumber daya manusia (SDM) Indonesia saat memasuki era new normal.  Pertama SDM atau tenaga kerja harus siap dan mampu menghadapi tantangan perubahan revolusi industri 4.0. “Kedua, dengan bonus demografi, maka angkatan kerja milenial harus mempersiapkan skill yang spesifik,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi,Ph.D.
“Keempat, tantangan era new normal adalah metode pembelajaran, guru harus mampu memperdayakan kemajuan teknologi,

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.